CONTOH PTK PEMBIASAAN

BAB I

PENDAHULULAN

 

A. Latar Belakang Masalah

SMP Negeri 6 Surabaya sebagai Sekolah Model PAI (Pendidikan Agama Islam) di Surabaya, memiliki visi, “Unggul dalam Prestasi Akademis dan Non Akademis berdasarkan IMTAQ dan IPTEK serta Mampu Bersaing di Tingkat Nasional maupun Internasional”.

Untuk mewujudkan visi di atas, di antara misi yang dikembangkan adalah, mewujudkan generasi yang unggul di bidang IMTAQ dan IPTEK dan mewujudkan anak didik yang cerdas, beriman dan bertakwa, dengan indikator di antaranya, aktivitas  keagamaan yang tinggi dan santun dalam perilaku.

Visi dan misi di atas sesuai dengan tujuan pendidikan nasional (UU Sisdiknas No. 20/2003), bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Berdasarkan uraian di atas, maka di antara ciri manusia berkualitas (unggul) adalah tangguh iman dan takwa serta memiliki akhlak mulia. Dengan demikian di antara ciri kompetensi keluaran (out put)  SMP Negeri 6 Surabaya adalah ketangguhan dalam iman dan takwa serta memiliki akhlak mulia.

Untuk mewujudkan visi dan misi di atas, SMP Negeri 6 Surabaya memiliki sejumlah program keagamaan yang menunjukkan jati dirinya sebagai sekolah model PAI. Program tersebut antara lain :

  1. Shalat Dluha setiap pagi yang dilanjutkan dengan kuliah tujuh menit (kultum) dari dan oleh siswa.
  2. Tadarrus Al Qur’an bagi kelas VIII dan IX serta pembiasaan membaca Al Qur’an terprogram bagi kelas VII (setiap hari).
  3. Shalat Dzuhur dan shalat Ashar berjamaah setiap hari.
  4. Tuntas Baca Tulis Al Qur’an (TBTQ) bagi kelas VIII (dua kali per minggu).
  5. Shalat Jum’at dan Kajian An Nisa’ bagi siswa puteri (waktu shalat Jum’at).
  6. Ekstrakurikuler Qira’ah (seni baca Al Qur’an) dan seni shalawat Al Banjari (satu kali perminggu).
  7. Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dan Doa Bersama (Istighatsah) secara insidental.

Berdasarkan uraian di atas, siswa SMP Negeri 6 Surabaya seharusnya memiliki perilaku keagamaan yang tinggi karena bekal ke arah tersebut sudah diberikan oleh sekolah meskipun jam pelajaran PAI di kelas hanya 2 (dua) jam per minggu.

Fakta menunjukkan hal yang berbeda dengan cita (harapan). Semua siswa SMP Negeri 6 Surabaya memang mengikuti semua kegiatan keagamaan yang diprogramkan sekolah, tetapi itu semua dilakukan karena tuntutan tata tertib sekolah bukan atas dasar kesadaran pribadi atau dengan kata lain sebatas menggugurkan kewajiban. Fenomena tersebut antara lain dapat dilihat ketika pelaksanaan shalat, siswa masih harus diingatkan dan diperingatkan terus setiap hari. Pelaksanaan shalat memang berjalan lancar dan tertib, karena semua guru dan kepala sekolah terjun memberi contoh,  tetapi kondisi demikian tidak boleh berjalan terus menerus. Siswa harus memiliki kesadaran untuk melaksanakan shalat bukan sebatas gugur kewajiban atau karena tuntutan tata tertib sekolah.

Fakta lain ketika penulis mengecek aktivitas shalat di rumah pada kelas IX H tahun pelajaran 2011-2012, dari 30 siswa hanya 15 atau 50% siswa yang memiliki kebiasaan menunaikan shalat fardlu dengan rutin di rumah. Dengan berbagai alasan, kebanyakan siswa jarang menunaikan shalat Maghrib dan shalat Shubuh. Hal ini tentu bertolak belakang dengan visi, misi dan indikator SMP Negeri 6 sebagaimana penjelasan di atas.

Sementara itu dalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK/KD) PAI kelas IX semester genap pada aspek ibadah ditemukan SK, “Memahami Tatacara Berbagai Shalat Sunnah”, dengan KD di antaranya, ”Mempraktikkan Shalat Sunnah Berjamaah dan Munfarid  dalam Kehidupan Sehari-hari”.

Untuk menjawab tuntutan kurikulum dan mengurangi frekuensi tidak menunaikan shalat serta membiasakan siswa menunaikan shalat di rumah, maka penulis merasa perlu mengadakan penelitian tindakan tentang, Efektivitas Pendekatan Pembiasaan dalam Meningkatkan Kemampuan Mempraktekkan Shalat Sunnah Siswa Kelas IX H SMP Negeri 6 Surabaya”.

B. Rumusan Masalah

       Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut, ”Bagaimanakah efektivitas pendekatan pembiasaan dalam meningkatkan kemampuan mempraktekkan shalat sunnah siswa kelas IX H SMP Negeri 6 Surabaya tahun pelajaran 2011-2012?”.

C. Tujuan Penelitian

       Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan pembiasaan dalam meningkatkan kemampuan mempraktekkan shalat sunnah siswa kelas IX H SMP Negeri 6 Surabaya tahun pelajaran 2011-2012.

D. Manfaat Penelitian

       Penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan mempraktekkan shalat sunnah siswa kelas IX H SMP Negeri 6 Surabaya tahun pelajaran 2011-2012 setelah dilakukannya pendekatan pembiasaan.

E. Definisi Operasional

1. Pendekatan Pembiasaan

Pendekatan dalam pembelajaran berarti sudut pandang guru terhadap proses pembelajaran. Sedangkan pendekatan pembiasaan adalah pendekatan yang mengkondisikan siswa agar terbiasa mengamalkan ajaran agamanya sehingga menjadi ritual yang berkesinambungan dan konsisten dalam kehidupan sehari-hari. (Angga Teguh Prasetyo, 2011:85).

Yang dimaksud dengan pendekatan pembiasaan dalam penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran untuk mengkondisikan kebiasaan siswa dalam mempraktikkan shalat sunnah, yang diukur melalui rubrik identifikasi setelah melalui siklus I, II dan siklus III.

2. Shalat Sunnah

     Shalat sunnah adalah shalat yang diperintahkan atas orang mukallaf dengan tuntutan yang tidak kuat berguna sebagai tambahan atau penyempurna shalat-shalat fardlu. (Ridlwan Nasir, 1999:146).

     Yang dimaksud dengan shalat sunnah dalam penelitian ini adalah shalat sunnah berjamaah dan munfarid sebagaimana tercantum dalam SK/KD PAI SMP kelas IX semester genap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s