CONTOH PROPOSAL PTS

A.      Judul PTS
Meningkatkan Kemampuan dalam Mengembangkan Silabus dan RPP Berbasis Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Supervisi Sharing of Experience Guru PAI SMP di Kecamatan Bulak dan Kenjeran Kota Surabaya

B.       Latar Belakang Masalah
Kemampuan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah dalam mengembangkan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) masih belum merata. Hal ini terbukti dari hasil pemantauan yang dilakukan penulis di 13 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kecamatan Bulak dan Kenjeran kota Surabaya pada awal tahun pelajaran 2012-2013. Dari 26 guru PAI SMP yang menjadi binaan penulis, hanya 10 atau 38% yang memiliki silabus dan RPP hasil karya sendiri, 10 atau 38% memiliki silabus dan RPP hasil karya musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dan  6 atau 24% memiliki silabus dan RPP produksi penerbit.

Sesuai dengan semangat kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang memberikan kebebasan kepada guru untuk mengembangkan indikator pembelajaran dan mengembangkan proses pembelajaran yang tertuang dalam silabus dan RPP sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah masing-masing, maka kemauan dan kemampuan guru PAI dalam mengembangkan silabus dan RPP merupakan suatu keniscayaan. Tetapi dalam praktek di lapangan kondisinya masih memprihatinkan terutama di kalangan guru PAI SMP swasta. Hal ini disebabkan karena kurangnya pelatihan yang mereka dapatkan dan belum meratanya guru-guru PAI mengikuti kegiatan MGMP. Adalah tugas pengawas PAI untuk memberikan pembinaan kepada guru-guru PAI dalam menyusun dan mengembangkan silabus dan RPP sesuai dengan Standar Proses yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pedidikan Nasional (Permendiknas) nomor 41 tahun 2007.

Sementara itu Intruksi Presiden (Inpres) nomor 1 tahun 2010 mengamanatkan kepada guru-guru di semua jenjang dan tingkat pendidikan untuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Pendidikan budaya dan karakter bangsa dimaknai sebagai pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa pada diri peserta didik sehingga mereka memiliki nilai dan karakter sebagai karakter dirinya, menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dirinya, sebagai anggota masyarakat, dan warganegara yang religius, nasionalis, produktif dan kreatif.

Pengembangan pendidikan budaya dan karakter sangat strategis bagi keberlangsungan dan  keunggulan bangsa di masa mendatang. Pengembangan itu harus dilakukan melalui perencanaan yang baik, pendekatan yang sesuai, dan metode belajar serta pembelajaran yang efektif. Sesuai dengan sifat suatu nilai, pendidikan budaya dan karakter bangsa adalah usaha bersama sekolah, oleh karenanya harus dilakukan secara bersama oleh semua guru dan pemimpin sekolah, melalui semua mata pelajaran, dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari budaya sekolah

Tindak lanjut dari Inpres tersebut mewajibkan kepada para guru mengintegrasikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dalam silabus dan RPP yang mereka buat sehingga dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s